Senin, 20 April 2009

Instalasi Joomla

Joomla yang sekarang sudang pada versi 1.5.10, semakin memantapkan posisi pada TOP Open Source CMS (Content Management System) yang simple dan atraktif. Saya mulai mengenal joomla sekitar pertengahan tahun 2007, setelah terus mempelajari struktur dan alur dari joomla dengan berbekal sedikit PHP, MySQL, JavaScript, VBScript, HTML/XHTML/XML mulailah interaksi dengan CMS (saya biasa menyebut SMK (Sistim Manajemen Konten)) Joomla ini semakin sering, apalagi sekarang saya di tunjuk sebagai pengelola sub domain salah satu BUMN (Perum Perhutani KPH Sukabumi).



Awalnya Sub domain kami memakai Joomla Versi 1.x karena berbagai pertimbangan maka pada kuartal terakhir Tahun 2008 Sub domain kami di ubah dengan memakai Joomla Versi 1.5.8 (Sampai sekarang) tanpa proses migrasi. Awalnya terdapat rasa kecewa karena trafik dan link yang telah di sebarkan di beberapa mesin pencari hilang dengan begitu saja. Namun nasi telah jadi bubur, pada akhir bulan Nopember 2008 sub domain kami mulai aktif kembali dengan NEW LOOK. Joomla 1.5.x emang sangat mudah untuk di pelajari dan enak untuk digeluti, beberapa saat anda bergaul dengan joomla 1.5.x ini anda akan merasa nyaman dan hampir seluruh keinginan yang ada di benak dan pikiran saya sampai saat ini bisa diakomodasi oleh J.1.5 ini.

Lho kok jadi curhat neh. Langsung saja kita mulai tahap-tahap mengistal joomla:

  1. Anda diwajibkan punya space atau direktori baik dengan domain/sub domain,s
  2. Upload File instalasi joomla anda (anda bisa gunakan ftp manager atau ftp yang berbasis web biasanya disediakan oleh penyedia jasa Hosting. Kalau perlu anda modifikasi dulu file instalasinya biar lebih mudah untuk di uploadnya.
  3. Setelah selesai menyimpan file instalasi di server pilihan anda, lalu mulailah saatnya anda mengistalasi dengan cara: http://nama domani atau sub domain anda (misalnya: http://cecepthea.info)
  4. Akan tampil di hadapan anda:
  5. {Gambat 1}
  6. {Gambat 1}
  7. {Gambat 1}
  8. {Gambat 1}
  9. {Gambat 1}
  10. {Gambat 1}
  11. {Gambat 1}
  12. {Gambat 1}
  13. {Gambat 1}
  14. {Gambat 1}

Nah selesailah tahapan instalasi joomla anda, Selamat Ber-Joomla-ria,



0 komentar: